4 Tips Memilih Sikat Gigi yang Bagus dan Tepat

1

 Back

4 Tips Memilih Sikat Gigi yang Bagus dan Tepat 

Jangan asal pilih sikat gigi, perhatikan beberapa tips ini!
 Writer

Menjaga kesehatan gigi dan mulut sangat penting dilakukan untuk menghindari terjadinya penyakit gigi dan mulut. Salah satu cara untuk menjaga kesehatan gigi adalah dengan menggosok gigi. Menggosok gigi adalah salah satu kegiatan membersihkan rongga mulut yang paling sederhana dan efektif. Kegiatan ini bertujuan untuk membersihkan sisa makanan yang menempel agar plak tidak terbentuk di permukaan gigi.

Saat ini sudah banyak tersedia sikat gigi dengan berbagai macam jenis yang ditawarkan dipasaran. Namun, kita jangan sampai memilih sikat gigi sembarangan. Sikat gigi yang salah dapat berakibat fatal pada kesehatan gigi, seperti turunnya ketinggian gusi dan kerusakan email yang menyebabkan gigi terasa ngilu. Berikut ini 5 tips memilih sikat gigi yang baik dan benar : 

1. Bulu Sikat 

Pilihlah bulu sikat gigi yang berbahan nilon dengan ujungnya membulat, halus (Soft-medium), tidak keras dan panjang bulunya yang sama rata. Menurut Persatuan Dokter Gigi Amerika (ADA) permukaan sikat dari sikat gigi dewasa sebaiknya memiliki panjang 3.5 cm dan lebar 1 cm, dimana terdapat 4 baris bulu sikat, dan setiap baris berisi 5 – 12 kumpulan bulu sikat (tuft). Sikat gigi dengan bulu yang halus dapat dengan efektif menyingkirkan plak tanpa merusak lapisan enamel atau lapisan terluar gigi. Menggosok gigi dengan menggunakan sikat gigi dengan bulu yang keras dapat beresiko melukai gusi.  

2. Ukuran Kepala Sikat 

Pilihlah ukuran kepala sikat gigi yang ujungnya membulat dan mengecil agar dapat menjangkau bagian gigi hingga bagian terbelakang. Ukuran kepala sikat gigi sangat penting diperhatikan kerena ukuran kepala sikat yang kecil dapat menjangkau ke bagian belakang seperti pada gigi geraham yang penuh sisa makanan yang bisanya sulit dijangkau. 

3. Pegangan Sikat Gigi (Handle) 

Pilihlah pegangan sikat gigi yang nyaman digunakan dan memiliki permukaan yang kesat sehingga tidak  terasa licin saat digunakan untuk menggosok gigi. 

4. Ukuran Sikat Gigi 

Ukuran sikat gigi harus disesuaikan dengan usia, untuk anak harus menggunakan sikat gigi khusus anak. Sikat gigi yang diciptakan untuk anak dibuat khusus menyesuaikan dengan giginya. Gigi dan rahang anak masih kecil sehingga sikat gigi yang besar atau bulu sikatnya terlalu tebal akan membuat gusi anak rusak. 

Posting Komentar

1Komentar
Posting Komentar